26.7 C
Medan
26 February 2024
KORAN MEDAN
Home | Terkait Dugaan Oknum Jaksa Main Proyek, Kajatisu Idianto, SH: Sudah Perintahkan Pam SDO intelijen Periksa Oknum
Berita Utama

Terkait Dugaan Oknum Jaksa Main Proyek, Kajatisu Idianto, SH: Sudah Perintahkan Pam SDO intelijen Periksa Oknum

Terkait Dugaan Oknum Jaksa Main Proyek, Kajatisu Idianto, SH: Sudah
Perintahkan Pam SDO intelijen Periksa Oknum


Kajatisu Idianto, SH.

G.SITOLI: koranmedan com

Akhir-akhir ini santer diperbincangkan di kalangan masyarakat Kepulauan Nias dan secara khusus di Kota Gunungsitoli Provinsi Sumatera Utara terkait pemberitaan di sejumlah media massa terhadap dugaan keterlibatan oknum Jaksa main proyek. Hal ini menjadi sorotan publik, sehubungan adanya instruksi Jaksa Agung RI ST Burhanuddin yang memperingatkan kepada seluruh jajaran “Dilarang Keras Jaksa Terlibat Main Proyek”. 

Namun ditengarai masih ada saja oknum Jaksa yang main umpet dalam pelaksanaan atau pengerjaan proyek, seolah tidak menghiraukan instruksi atau larangan yang telah disampaikan oleh orang nomor 1 di jajaran Korps Adhyaksa tersebut.


Seperti diberitakan, dalam pelaksanaan proyek pembangunan Cell di TPA Hela Desa Teluk Belukar Kecamatan Gunungsitoli Utara Kota Gunungsitoli dengan anggaran Rp 2,9 miliar lebih tahun 2022, disinyalir ada keterlibatan oknum Jaksa yang bertugas di luar pulau nias berinisial YZ. Hal tersebut disampaikan Parlin Dawolo/Ketua GNPK-RI Kota Gunungsitoli. 


Saat dikonfirmasi wartawan, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu) Idianto, SH menyampaikan, pihaknya sudah memerintahkan Pam SDO Intelijen untuk memeriksa oknum dimaksud.

“Sudah saya perintahkan Pam SDO Intelijen Kejatisu untuk memeriksa oknum dan pekerjaan  proyek tersebut, tolong diikuti progresnya dengan Asintel tentang ini,” sebut Idianto, SH.

Lebih lanjut disampaikan Parlin Dawolo, berdasarkan keterangan para saksi yakni masyarakat pekerja di lokasi TPA kepada pihaknya menyatakan, Jaksa berinisial YZ pernah beberapa kali datang ke lokasi setelah pelaksanaan proyek dimulai bahkan pernah menjanjikan akan memberikan uang penitipan peralatan proyek kepada para saksi. Selain itu isteri oknum Jaksa tersebut sering datang mengawasi pekerjaan proyek pembangunan cell di TPA.

Tidak hanya itu, salah satu proyek yang anggarannya cukup fantastis Rp 10 miliar tahun 2023 yakni pembangunan Gedung Perpustakaan Kota Gunungsitoli kembali dikerjakan oleh Perusahaan/CV dimana isteri jaksa YZ disinyalir terlibat dalam jabatan sebagai pemodal/komanditer di perusahaan tersebut.

Hal ini dapat ditelusuri para wartawan dimana perusahaan yang mengerjakan proyek pembangunan cell di TPA dan Pembangunan Gedung Perpustakaan Kota Gunungsitoli dikerjakan oleh perusahaan yang sama. “Silahkan teman-teman media memantau di lokasi eks kantor SATPOL-PP Kota Gunungsitoli, pekerjaan Gedung Perpustakaan sedang berlangsung di sana dan isteri oknum Jaksa tersebut sering terlihat di lokasi,” sebut sumber Koranmedan.com.

“Untuk mendapatkan proyek yang nilainya kecil bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan anggaran cukup fantastis Rp 10 miliar. Kalau tidak percaya silahkan tanya kepada teman-teman pemilik perusahaan konstruksi di Kota Gunungsitoli bagaimana sulitnya mendapatkan paket pekerjaan. Tapi mengapa perusahaan yang satu ini selalu mendapat pekerjaan dengan anggaran miliaran setiap tahunnya, jangan-jangan ada orang dibelakangnya yang sangat berperan atau cukup disegani,” ungkap Parlin Dawolo mengakhiri.*** (Tim)

Berita Terkait