25.6 C
Medan
26 February 2024
KORAN MEDAN
Home | Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan Masuki Tahap Dua
Laporan Khusus

Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan Masuki Tahap Dua

Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan Masuki Tahap Dua

MEDAN: koranmedan.com

Proyek revitalisasi Lapangan Merdeka Medan tahap dua akan dimulai dalam bulan Mei 2023 ini. Pengerjaan tersebut dilakukan setelah pengerjaan tahap pertama tahun 2022 selesai diaudit.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Medan H. M. Bobby Afif Nasution, SE, MM melalui keterangan video di Instagram pribadinya yang dilihat Koranmedan.com Rabu (24/5/2023).

Diketahui, Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan menggunakan skema multiyears, yakni mulai tahun 2022-2024. Di tahap pertama atau tahun 2022, pengerjaan revitalisasi difokuskan di pemasangan bor pile sebanyak 1.800 lebih dan penggalian untuk bangunan basement.

Lebih lanjut, Bobby mengungkapkan, di tahap kedua atau tahun 2023 ini, akan difokuskan di pengerjaan struktur dan arsitektur. Selain itu, drainase dan kolam resapan juga akan mulai dikerjakan.

“Tahap kedua difokuskan untuk pekerjaan struktur sekaligus pengerjaan arsitektur, pengerjaan dalam tahap ini juga melakukan pengerjaan drainase dan kolam resapan,” ungkapnya.

Pengerjaan mekanikal, elektrikal, dan sistem pipa perlengkapan juga akan dikerjakan tahun ini. Proyek yang menghabiskan anggaran lebih dari setengah trilliun iti direncanakan selesai Juli 2024.

“Pekerjaan revitalisasi Lapangan Merdeka ini ditargetkan selesai Juli 2024,” sebutnya.

Bobby berharap seluruh warga Kota Medan mendoakan dan mendukung revitalisasi tersebut. Dengan harapan revitalisasi dapat selesai tepat waktu.

“Mohon doa dan dukungan penuh warga Kota Medan agar revitalisasi Lapangan Merdeka bisa selesai sesuai waktu yang ditetapkan,” tutup Bobby.

Pemko Medan masih membutuhkan anggaran hingga Rp 500,2 miliar untuk menyelesaikan proyek Revitalisasi Lapangan Merdeka Medan. Padahal di tahun anggaran 2022, alokasi anggaran untuk proyek itu telah menghabiskan Rp 93,5 miliar.

Kadis Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang Kota Medan, Endar Sutan Lubis, menjelaskan pekerjaan revitalisasi Lapangan Merdeka Medan akan dilanjutkan tahun ini.

“Kelanjutan revitalisasi Lapangan Merdeka Medan ini sudah kita programkan dengan mekanisme pengadaan barang jasa secara multiyears tahun 2023 dan 2024,” ujarnya melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Ahad (22/1/2023).

Berdasarkan jadwal yang telah direncanakan, pekerjaan revitalisasi baru akan selesai pada semester pertama 2024 mendatang.

“Jumlah anggaran pada tahun 2023 ini sebesar Rp 318,5 miliar lebih dan pada 2024 ditampung APBD lagi sebesar Rp 181,7 miliar,” terangnya.*** (Zul Marbun)

Berita Terkait